#Tips Negosiasi Gaji

«

»

Nov 21 2014

Print this Post

#Tips Negosiasi Gaji

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

gaji

Salah satu fase yang sangat menantang dari proses pencarian kerja adalah negosiasi gaji, karena berbicara tentang sebarapa layak anda dibayar untuk posisi-posisi tertentu memang merupakan sebuah proses yang sangat tidak nyaman. Memahami bagaimana cara yang terbaik untuk bernegosiasi gaji umumnya dapat dilakukan dengan meningkatkan pengalaman kerja yang lebih banyak. Untuk sementara waktu, Anda bisa memulainya dengan membaca artikel tips negosiasi gaji ini dengan baik.

Riset Terhadap Tingkatan Gaji Yang Bisa di Capai

Memahami bagaimana perusahaan memberikan patokan gaji untuk setiap posisi yang berbeda-beda adalah langkah awal Anda untuk mendapatkan sebuah negosiasi gaji yang efektif. Sebagian besar pengusaha menggunakan pedoman berikut ini dalam memutuskan seberapa banyak yang akan mereka bayar untuk karyawan pada setiap posisi :
– Rata-rata gaji yang ditawarkan oleh perusahaan yang beroperasi di industri yang sama
– Rata-rata gaji berdasarkan tingkat pengalaman dan pendidikan
– Rata-rata gaji yang ditawarkan kepada para profesional di industri dalam kota / negara bagian / negara

Berdasarkan informasi ini, Anda akan memiliki gagasan yang jelas tentang seberapa banyak yang harus Anda dapatkan untuk menyetui suatu tawaran pekerjaan. Informasi ini akan memberikan anda sebuah wawasan yang berharga sehingga Anda dapat mengatur sebuah harapan gaji yang realistis.

Bicarakan Gaji Jika Anda Telah Membangun Kualifikasi Anda

Jangan pernah berbicara tentang harapan gaji atau melanjutkan ke negosiasi gaji tanpa menetapkan kualifikasi Anda terlebih dahulu. Hal ini bahkan berlaku jika itu adalah perusahaan baru. Anda harus cekatan dalam mengarahkan topik diskusi yang memungkinkan Anda terlihat sebagai kandidat yang tepat di posisi itu. Setelah perusahaan mulai melihat bahwa anda sangat cocok dengan lowongan kerja di perusahaan tersebut, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menegosiasikan gaji yang sudah Anda rencanakan.

Bicarakan “Work-Performances” Berdasarkan Insentif
Dalam situasi dimana Anda mendapatkan tawaran yang rendah dari perusahaan yang benar-benar Anda suka, jangan ragu untuk berbicara tentang kemungkinan kerja yang berbasis insentif. Diskusikan sebuah hasil terukur yang dapat bermanfaat bagi Anda dan perusahaan. Jika mereka setuju dengan saran Anda, pastikan disikusi tersebut didokumentasikan secara tertulis sehingga Anda tidak akan memiliki masalah dalam proses pembuktian. Di beberapa industri tidak jarang kita mendengar karyawan yang meminta peninjauan gaji setelah 6 bulan bekerja terutama untuk karyawan yang menerima tawaran yang rendah di awalnya.

Seperti halnya “mencoba sebelum Anda membeli”, layaknya berbagai penawaran yang Anda lihat di TV, kadang-kadang hal tersebut dapat menghasilkan win-win solution. Jika Anda membuktikan selama periode itu bahwa Anda benar-benar sebaik yang Anda katakan, maka perusahaan akan bersedia untuk mempertahankan Anda dengan memberikan penawaran yang lebih banyak. Dalam kasus seperti itu, penting sekali bagi Anda untuk membuat perusahaan memahami bahwa Anda menerima tawaran yang lebih rendah dari yang biasanya dengan pertimbangan ada kesempatan yang lebih baik bagi Anda untuk membuktikan nilai Anda serta kembali mendiskusikan gaji pada tahap berikutnya.

Terbukalah dengan Insentif Non-Moneter
Cara lain yang dapat dilakukan untuk menutup kesenjangan antara gaji yang Anda harapkan dengan gaji yang ditawarkan adalah untuk terbuka dengan sistem insentif non-moneter. Terlepas apakah itu berupa sebuah tambahan waktu untuk Off, makanan gratis , atau diskon pada keanggotaan gym, namun, bersiaplah juga untuk berpikir tentang tunjangan-tunjangan dalam mempertimbangkan pilihan Anda. Insentif non-tunai dinilai lebih efektif dalam menjembatani perbedaan antara harga yang Anda minta dengan paket kompensasi yang ditawarkan.

Tindakan dan Penampilan
Akhirnya, anda harus bisa memperlihatkan sebuah kelayakan yang lebih dari sisi berpakaian dan tindakan. Pakaian yang baik dan sepatu yang baik akan memberikan indikasi dari standar kepribadian diri yang tinggi kepada perusahaan. Proses berkomunikasi mereka menunjukkan bahwa Anda harus berada di jalan yang mengarahkan anda ke hal-hal yang lebih besar dan bernilai lebih. Inilah yang akan membedakan Anda dari kandidat yang kurang dalam berbuasana. Pikirkan cara salesman melakukan Upsell kepada Anda terhadap produk mobil atau sepeda motor. Dengan menambahkan jok kulit untuk mobil model dasar atau garis sport untuk model sepeda motor, tiba-tiba produk tersebut akan naik senilai 10 % lebih.

Negosiasi gaji berada dalam posisi topik teratas baik untuk veteran maupun pencari kerja pemula yang sama-sama merasa tidak nyaman berbicara tentang hal itu. Dibutuhkan banyak latihan untuk mengasah keterampilan negosiasi gaji Anda hingga ke titik di mana hal tersebut tidak lagi membuat Anda merasa gugup atau khawatir berbicara tentang hal itu. Pada akhirnya, ini merupakan salah satu hal yang paling penting dari proses pencarian kerja. Jadi pastikan anda memikirkan tawaran itu dengan hati-hati sebelum memasuki proses penandatanganan kontrak kerja.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/tips-negosiasi-gaji.view