Tips Menghadapi Rengekan Anak

«

»

Oct 11 2014

Print this Post

Tips Menghadapi Rengekan Anak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#tips #anak

images

Ketika anak mulai merengek saat sedang berkunjung ke mal atau di acara keluarga, rasanya Anda ingin pulang saja. Sayangnya, ini mungkin hanya dapat menjadi solusi sementara. Sebab, anak biasanya merengek karena menginginkan sesuatu dan apabila hal ini tidak dihadapi dengan tegas, ia akan terus melakukan ini kapan pun ada kesempatan.

Kebiasaan merengek umumnya akan semakin menjadi pada saat anak mencapai usia 4 tahun, dan dapat terus berlanjut hingga usia sekolah. Inilah empat tindakan yang harus selalu diingat orangtua saat menghadapi anak yang sedang merengek.

1.Jangan beri toleransi

Katakan pada anak bahwa Anda tidak mau mendengarkannya kecuali bila dia mau bicara tanpa merengek. Anda bisa berkata tegas, “Ibu tidak bisa mengerti kata-katamu kalau cara bicaranya seperti itu. Coba bilang kamu mau apa dengan suara yang lebih manis.” Lalu, berjalanlah menjauh atau balikkan badan, jangan perhatikan anak hingga dia mau bicara dengan lebih sopan.

Tujuan anak merengek biasanya untuk mendapatkan perhatian orangtua. Karenanya, hindari memperlihatkan wajah kesal atau melayani rengekannya. Ingatkan juga diri Anda untuk tidak memperlihatkan ekspresi seperti mengangkat alis, merengut, atau cemberut. Ekspresi ini menandakan Anda memerhatikan perilakunya dan merasa terganggu.

2.Memberi contoh yang benar

Jika anak belum paham seperti apa cara meminta yang baik, Anda dapat memberi contohnya. Perlihatkan suara Anda ketika merengek, lalu beri contoh juga bagaimana Anda mengatakannya dengan lebih baik. Mintalah dia untuk mengikuti Anda. Dengan begitu, dia akan belajar bahwa merengek itu tidak terdengar menyenangkan.

3.Puji dia saat sudah berkata dengan sopan

Begitu akhirnya dia dapat mengutarakan keinginannya dengan lebih baik, Anda perlu memberinya pujian. Ingat, dia butuh banyak usaha untuk melakukannya. Selain itu, pujian Anda juga dapat membuatnya jadi lebih ingin menyuarakan keinginan melalui cara yang baik ketimbang merengek. Karenanya, katakanlah “Nah, bagus. Sekarang suara kamu kedengaran lebih manis, kan?”

4.Langsung berikan konsekuensi

Anak masih saja merengek? Jatuhkan konsekuensi segera dan jangan tunggu sampai pulang ke rumah, bila Anda sedang berada di tempat umum. Segera hentikan kegiatan apabila kejadiannya di rumah, atau bila di tempat umum segera tinggalkan tempat itu begitu anak mulai merengek. Selain itu, hindari memberi ancaman yang tidak masuk akal karena ini hanya akan membuat anak berpikir bahwa Anda tidak sungguh-sungguh marah padanya.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/tips-menghadapi-rengekan-anak.view