#Tips Memulai Usaha Restoran

«

»

Oct 29 2014

Print this Post

#Tips Memulai Usaha Restoran

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

foto_alat_makan

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan tidak lekang oleh waktu adalah membuka restoran atau usaha kuliner. Mengapa ? Karena, makanan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia selain pakaian ( fashion ) dan perumahan ( property ).

Selain itu, tingginya animo masyarakat dalam berburu kuliner, semakin membuka peluang yang bagus usaha dibidang ini.

Berikut ini beberapa tips dalam memulai usaha restoran :

1. Tentukan Jenis Makanan Yang Ingin Anda Jual
Sebaiknya tentukan dahulu, jenis atau tipe makanan seperti apa yang ingin Anda jual, karena hal ini akan berpengaruh terhadap hal – hal lainnya seperti lokasi dan target pelanggan.

2. Ketersediaan Sumber Daya Manusia / Tenaga Kerja
Salah satu sumber daya manusia / tenaga kerja yang paling krusial dalam bisnis restoran atau kuliner adalah koki atau juru masak. Pastikan juru masak ( merekrut orang luar atau bahkan mungkin Anda sendiri ) memiliki kemampuan meramu masakan yang “menjual” untuk dijadikan andalan restoran Anda. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan tenaga pelayan dan kasir.

3. Tentukan Pasar
Menentukan target pasar akan menjadi kunci bagi Anda untuk memposisikan “kelas” usaha restoran Anda. Jangan sampai Anda salah target, seperti harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan “kantung” target pelanggan.

4. Lokasi, lokasi dan lokasi
Ini merupakan hal paling penting dalam berbisnis, termasuk usaha restoran atau kuliner. Penentuan lokasi akan sangat menentukan kesuksesan usaha Anda.

5. Pemasok bahan baku
Pastikan Anda memiliki pemasok yang dapat diandalakan dan dapat dipercaya akan kualitas bahan bakunya agar operasional usaha Anda terjamin.

6. Promosi
Jangan lupa untuk menyiapkan strategi promosi dan pemasaran untuk restoran Anda. Untuk menarik pengunjung pada saat pertama kali usaha Anda berjalan, bisa Anda siapakan media promosi melalui spanduk, pamflet, brosur ataupun melalui media digital. Jangan lupakan juga, promosi dari mulut ke mulut merupakan promosi yang paling ampuh. Oleh karena itu, pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan tempat Anda.

7. Manajemen Restoran
Manajemen restoran sudah harus disiapkan sejak Anda melakukan perencanaan untuk membuka usaha ini, bahkan untuk jenis usaha restoran atau kuliner kecil sekalipun. Mengatur persediaan dan keuangan operasional adalah keharusan karena ini akan berpengaruh terhadap siklus hidup bisnis Anda. Gunakan software keuangan dan akuntansi untuk memudahkan mengelola usaha Anda atau bisa juga menggunakan excel.

8. Kontrol & Monitoring
Kontrol dan awasi terus operasional usaha Anda, mulai dari penyediaan bahan baku, proses pengolahan makanan, hingga pelayanan agar kualitas restoran Anda terus terjaga.

Semoga tips – tips diatas dapat membantu Anda dalam memulai usaha restoran ataupun kuliner Anda. Semoga sukses.

Artikel ini kerja sama Pengusahamuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/tips-memulai-usaha-restoran.view