Tips Jitu Memanaskan Mesin Kendaraan

«

»

Sep 15 2014

Print this Post

Tips Jitu Memanaskan Mesin Kendaraan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#Tips #DownloadPDF

2009-Mr-Norms-Super-Dodge-Challenger-Open-Hood-1280x960

Layaknya manusia, mesin pada kendaraan pun butuh pemanasan agar tetap tokcer saat digunakan. Jika diibaratkan, memanaskan mesin kendaraan seperti halnya manusia yang melakukan olahraga ringan sebelum beraktivitas.

Meskipun terlihat sepele, memanaskan mesin kendaraan sebenarnya butuh kiat-kiat jitu. Fungsinya tentu agar tarikan kendaraan menjadi lebih enak. Sembarangan memanaskan mesin, tarikan kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor malah akan berakibat kasar.

Untuk memanaskan kendaraan yang benar, berikut ini tips yang berhasil dihimpun oleh Liputan6com:

1. Sewaktu Menghidupkan Mesin

Bagi para pengendara sepeda motor, untuk menghidupkan mesin butuh sedikit perlakuan berbeda dibandingkan dengan mobil. Sebelum memutar kunci kontak ke posisi on, Anda sebaiknya menyela dulu 2-3 kali dengan menggunakan kick starter saat kontak dalam posisi off.

Hal ini bertujuan untuk memompa oli ke bagian silinder head yang berguna melumasi komponen tersebut setelah kendaraan tak digunakan selama semalaman. Dalam kurun waktu tersebut, oli turun ke bak penampungan dan hanya tersisa sangat sedikit di beberapa komponen, sehingga harus dipompa secara manual terlebih dahulu sebelum sepeda motor dinyalakan.

Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja tanpa beban untuk sementara waktu sebelum kendaraan dijalankan.

2. Jangan Menggeber-geber Mesin

Tips lainnya, selama proses pemanasan, pelumas akan mengalir ke seluruh bagian mesin. Jika mesin digeber-geber sebelum suhunya panas, hal tersebut akan membebani kinerja mesin. Pasalnya, pelumas belum menyebar ke seluruh bagian, dan beberapa komponen yang saling bergesekan akan mengalami keausan.

Bila Anda kerap menggeber-geber mesin sebelum suhunya panas, akan berdampak pada usia pakai mesin yang menjadi lebih pendek dan mudah rusak.

3. Jalankan Mesin Secara Perlahan

Agar komponen dalam mesin tetap awet, tips berikutnya adalah jalankan kendaraan secara perlahan-lahan untuk beberapa saat dan jangan langsung melakukan akselerasi secara spontan.

Bila Anda langsung memacu kendaraan dengan putaran tinggi sesaat setelah dipanaskan sebenarnya tidak memberi efek buruk pada mesin. Namun akibatnya, tarikan mesin menjadi sedikit lambat saat ingin dipacu dalam kecepatan tinggi. (Ysp/Des)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/tips-jitu-memanaskan-mesin-kendaraan.view