Teknik pertolongan pertama yang penting saat di perjalanan

«

»

Dec 26 2014

Print this Post

Teknik pertolongan pertama yang penting saat di perjalanan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

First aid. Artificial breath. Isolated 3D imageAnda sudah menyiapkan rencana liburan? Biasanya liburan panjang seperti ini dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur bersama. Anda harus menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam perjalanan nanti. Pastikan obat-obatan dan barang-barang penting sudah tersedia.


Tak cukup sampai di situ, Anda juga harus siap mengantisipasi risiko gangguan kesehatan yang mungkin saja terjadi di perjalanan. Kondisi lingkungan yang tidak familiar membuat kita rentan terhadap risiko keracunan makanan, serangan alergi, atau mabuk dalam perjalanan.

Untuk itulah kami sajikan langkah-langkah pertolongan pertama yang mungkin akan berguna bagi Anda di perjalanan.

 

1.Pertolongan untuk serangan asma

 

Anda yang memiliki penyakit asma atau bepergian dengan penderita asma harus siap menghadapi kemungkinan serangan asma yang bisa saja terjadi. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mencoba teknik pertolongan pertama yang disarankan situs Boldsky berikut.

1. Hindarkan korban sejauh mungkin dari pemicu serangan asma, misalnya asap atau debu.

 

2. Bantu korban untuk duduk. Tenangkan dia dan minta untuk mengambil napas dalam-dalam. Pastikan korban tidak panik, agar kondisinya tidak semakin buruk.

 

3. Jika korban menggunakan pakaian ketat, longgarkan bajunya.

 

4. Gunakan inhaler untuk penderita asma. Jika tidak ada, beri minum air hangat terlebih dahulu. Tunggu hingga inhaler datang.

 

5. Bila kondisi korban masih belum membaik, segera bawa ke rumah sakit.

 

2.Pertolongan pertama untuk serangan jantung

Menurut Dr. Virend Somers dari Mayo Clinic, serangan jantung sering terjadi di pagi dan siang hari. Untuk memberi pertolongan pertama pada serangan jantung di pagi hari, penderita disarankan mengunyah aspirin. Setelah itu, segera hubungi ahli medis untuk penanganan lebih lanjut.

Aspirin dalam dosis kecil bisa memperlambat proses pembekuan darah yang bisa memperburuk kondisi penderita serangan jantung. Selain itu, dengan dikunyah aspirin akan lebih cepat bekerja daripada diminum.

 

3.Pertolongan pertama untuk tersedak

Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun bisa mengalami tersedak. Dan ini bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Untuk memberikan pertolongan pertama bagi orang yang tersedak, Anda bisa mencoba saran dari situs Health Site berikut.

1. Keluarkan benda yang menyumbat di tenggorokan lewat mulut. Usahakan agar korban bisa memuntahkan objek yang membuatnya tersedak.

2. Berdirilah di belakang korban. Pegang dadanya dengan satu tangan dan dan bungkukkan sedikit tubuhnya. Pukul punggungnya di antara tulang bahu bagian belakang. Ulangi beberapa kali.

3. Jika cara sebelumnya tidak berhasil, tekan perut bagian atas korban dengan jempol. Coba untuk memberikan tekanan ke dalam dan ke atas pada perut. Ini dilakukan untuk memasukkan udara ke dalam paru-paru dan membantu benda asing keluar.

 

4.Pertolongan pertama untuk pingsan

Untuk memberikan pertolongan pertama bagi orang yang mengalami pingsan, Anda bisa mencoba tips dari situs Health Me Up berikut.

1. Selagi korban menunjukkan tanda hilang kesadaran, topang tubuhnya lalu baringkan perlahan-lahan. Tindakan ini berguna untuk mencegah korban mengalami cedera.

2. Segera pindahkan korban ke tempat yang lebih aman jika terdeteksi adanya bahaya di sekitarnya.

3. Jangan gerakkan korban, jika Anda mengetahui adanya tulang patah atau cedera pada bagian leher atau kepala.

4. Jangan bergerombol di sekitar korban. Berikan ruang agar korban leluasa bernapas.

5. Jika korban sudah sadar, berikan dia minuman yang manis. Seringkali pingsan disebabkan oleh rendahnya gula darah, kurang garam, dan dehidrasi.

Itulah 6 teknik pertolongan pertama yang mungkin akan Anda butuhkan di perjalanan. Semoga bermanfaat.

 

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/teknik-pertolongan-pertama-yang-penting-saat-di-perjalanan.view