Mengenal Jenis dan Khasiat Jamur

«

»

Oct 03 2014

Print this Post

Mengenal Jenis dan Khasiat Jamur

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

1104425shutterstock-58822168780x390

Dikenal karena kandungan nutrisinya yang kaya dan rasanya yang gurih, jamur sejak lama sudah dikenal sebagai makanan yang sehat.

Berikut adalah beberapa fakta menakjubkan dari jamur.

1. Jamur adalah satu-satunya bahan makanan yang ada termasuk dalam sumber vitamin D namun bukan makanan yang ditambahkan. Jamur mengandung ergosterol yang berubah menjadi vitamin D saat terkena sinar matahari.

2. Jamur adalah salah satu dari beberapa makanan yang mengandung ergothioneine, antioksidan penting yang berhubungan dengan imunitas.

3. Tahun 2012, Amerika mengkonsumsi 4 kilogram jamur per kapita.

4. Industri pertanian jamur tergolong besar. Kurang lebih 4 juta pelajar di AS pernah memesan burger jamur saat makan siang, yang dicampur dengan daging giling dan jamur masak.

5. Kreativitas para chef untuk mengolah jamur menjadikan bahan pangan ini termasuk dalam sajian yang disukai di restoran.

6. Orang Mesir kuno percaya bahwa jamur merupakan tanaman abadi, berdasarkan hiroglif 4600 tahun yang lalu.

Ketahui apa saja jenis-jenis jamur:

1. Kancing putih: Sekitar 90% dari semua jamur yang dikonsumsi di Amerika Serikat merupakan jenis ini.  Mereka mempunyai rasa yang gurih yang keluar saat dijadikan pasta, pizza, ditumis dan dijadikan toping untuk burger atau sandwich dan salad mentah.

2. Crimini: Sering dikenal sebagai bayi bellas, jamur kecil berwarna coklat ini berasa lezat terutama saat disandingkan dengan bahan daging atau tumisan, ditambah wine merah.

3. Portabella: Masih satu famili dengan crimini, jamur ini berukuran besar, berwarna coklat dan mempunyai tekstur yang berisi. Bagi kaum vegetarian jamur ini juga cocok dijadikan pengganti  daging.

4. Maitake: Jamur ini berbentuk seperti kipas tanpa tutup dan dikenal sebagai ayam jantan di hutan. Mempunyai aroma yang mencolok dan mewah, rasa alaminya membuat jamur ini cocok untuk semua makanan. Gunakan jamur ini ketika Anda ingin rasa jamur yang kuat, seperti dijadikan Jamur krim sup atau saus.

5. Shiitake: Jamur coklat dengan bentuk tutup payung, tapi lengkungan batangnya harus dibuang. Teksturnya yang mirip daging membuatnya lebih cocok jika dijadikan tumisan.

6. Enoki: Jamur berwarna krem ini memiliki bentuk panjang, sangat kurus, dan berbentuk kancing kecil. Sebelum disajikan, pangkas akarnya di bawah kelompoknya dan pisahkan batangnya. Jamur ini sangat gurih dan lezat, cocok untuk dinikmati di salad dan di sandwich

7. Oyster: Jamur yang halus dan mempunyai tekstur warna yang beragam , bisa berwarna abu-abu, kuning pucat bahkan biru. Tumis dengan mentega dan bawang untuk mengeluarkan rasanya dan menjadi pelengkap enak untuk hidangan pasta.

8. Beech: Berukuran kecil, jamur berwarna putih atau coklat terang ini terkenal akan rasanya yang gurih dengan rasa lembut dan manis seperti kacang. Tambahkan di menit terakhiir untuk sup, gulai, saus, dan tumisan.

9. Jamur Liar: Varietas jamur ini antara lain morels, truffles dan chanterelles. Harganya sangat mahal namun sepadan dengan rasanya. Jamur ini merupakan favorit para koki terbaik di seluruh dunia. (Eva Erviana)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/mengenal-jenis-dan-khasiat-jamur.view