Hindari Kegemukan dan Berbagai Macam Penyakit, Yuk Ajak Anak Begerak!

«

»

Aug 30 2014

Print this Post

Hindari Kegemukan dan Berbagai Macam Penyakit, Yuk Ajak Anak Begerak!

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Jakarta, Melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu dibutuhkan agar kebugaran tubuh terjaga. Apalagi, bagi anak-anak, aktivitas fisik sangat diperlukan mengingat saat ini cukup banyak anak yang jarang bergerak karena asyik dengan gadget-nya atau menonton tv.

Aktivitas fisik berupa olahraga umumnya dijadikan orang tua sebagai cara mereka untuk mengajak putra-putrinya bergerak. Terdapat beberapa alternatif olahraga yang bisa dilakukan dengan suasana menyenangkan oleh anak dan orang tua.

“Ajak anak-anak bermain permainan yang fun misalnya sepak bola, bulu tangkis, tenis, sekadar main-main saja yang penting badan bergerak. Atau paling mudah ya ajak anak jalan pagi atau joging,” tutur dr Michael Triangto SpKO ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Kamis (28/8/2014).

Berbagai studi menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik di usia dini sangat bermanfaat bagi kehidupan si kecil nantinya. Seperti studi dari University of Zaragoza di Spanyol yang menyarankan anak-anak terutama di bawah usia 10 tahun butuh olahraga sedikitnya selama satu jam setiap harinya demi menjaga kesehatan jantungnya.

Tak hanya itu, studi dari University of Regina, Kanada, yang diketuai kepala peneliti Lee Schaefer mengatakan bahwa mendorong anak untuk lebih banyak bermain di luar daripada di dalam ruangan bisa membuat mereka lebih aktif.

“Hal ini akan menguntungkan mereka dalam jangka panjang. Seperti diketahui, saat ini anak-anak banyak dicekoki dengan teknologi digital yang membuat mereka malsa bergerak dan lebih banyak makan. Nantinya, risiko diabetes, kegemukan, kolesterol, dan penyakit jantung bisa mereka hadapi,” jelas Schaefer.

Jika orang tua sibuk di hari kerja, mengajak anak berolahraga pasti bisa dilakukan di akhir pekan. Baik dengan mengajaknya berolahraga di taman, bersepeda, melakukan berbagai permainan, atau yang paling mudah, berlari.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/hindari-kegemukan-dan-berbagai-macam-penyakit-yuk-ajak-anak-begerak.view