Cegah Stroke, Kenali Gejalanya

«

»

Sep 15 2014

Print this Post

Cegah Stroke, Kenali Gejalanya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

stroke

STROKE masih menjadi momok yang menakutkan di seluruh dunia. Untuk mencegah penyakit tersebut, Anda perlu mengetahui penyebab dan gejala stroke.

Menurut spesialis syaraf, Fenny L. Yudiarto, MD., Ph.D, stroke terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah. Selain itu, stroke juga memiliki dua macam tipe.

“Penyebabnya stroke adalah pembuluh darah, baik itu pembuluh darah yang tersumbat ataupun pembuluh darah yang mengalami pendarahan. Jadi gangguan stroke pada pembuluh darah tersebut terbagi dua, pertama adalah pendarahan dan kedua adalah sumbatan,” jelasnya kepada Okezone di Four Season Hotel, Jakarta, Sabtu (13/9/2014).

Head of Research Development Perhimpunan Dokter Spesialis Syaraf Indonesia (PERDOSSI) ini juga menjelaskan bahwa stroke menyebabkan beberapa gangguan fungsi tubuh. Lebih bahayanya lagi, stroke juga menyerang otak yang merupakan pusat perintah tubuh manusia.

“Stroke menyebabkan kelumpuhan, tidak bisa berbicara, atau tidak bisa mengerti jika diajak bicara. Karena otak merupakan pusat daripada motorik atau gerak dan sensorik dimana penderita merasa tebal separuh badan serta pusat bahasa, itu juga stroke di otak,” imbuhnya.

Beberapa orang pun memiliki risiko terhadap penyakit mematikan nomor satu ini. Selain faktor genetik, gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan serangan stroke.

“Kalau stroke itu selalu datang mendadak dan akut, secara tiba-tiba menyerang karena orang itu sudah mempunyai faktor risiko. Risiko stroke itu banyak, dari darah tinggi, penyakit jantung, kencing manis, kegemukan, merokok, faktor genektik juga memengaruhi. Orang yang sudah menopause juga lebih banyak berisiko, banyak hal yang bisa menyebabkan stroke,” tutup dokter Fenny. (fik)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/cegah-stroke-kenali-gejalanya.view