Brand Itu Penting Bagi Setiap Pengusaha

«

»

Sep 17 2014

Print this Post

Brand Itu Penting Bagi Setiap Pengusaha

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

branding

Brand bagi setiap perusahaan adalah penting, namun banyak pelaku usaha tidak mengindahkannya. Coba tengok Mc Donald’s perusahaan makanan fastfood atau Nike, perusahaan produsen sepatu dan pakaian olahraga menjadi besar karena namanya.

Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belum terlalu banyak yang mementingkan brand. Padahal brand adalah lambang ciri khas perusahaan berkaitan dengan profil, produk dan layanan, dan semua atribut perusahaan baik nampak maupun tidak Nampak.

Brand bukan sekedar nama dan logo perusahaan melaikan citra, persepsi perusahaan yang seharusnya dikenali oleh orang-orang. Jika perusahaan Anda memiliki nama ‘brand’ maka orang akan cepat mengenal usaha Anda.

Menentukan brand harus disesuaikan dengan jenis bisnis Anda jalankan. Image perusahaan sangat bergantung pada brand tersebut. Tidak hanya nama saja brand juga harus terpenuhi dalam enam elemen berikut ini:

  1. Nama. Nama produk atau perusahaan bisa disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan.
  2. Logo. Logo adalah bentuk visual dari nama perusahaan yang memperkuat citra brand suatu perusahaan.
  3. Tagline. Tagline ini biasanya mencerminkan visi dan misi perusahaan dengan lebih gamblang serta sebagai lambang konsistensi perusahaan terhadap public.
  4. Grafik. Grafik ini biasanya berhubungan semua type atau seni tulisan yang dipakai, contohnya Coca Cola, Walt Disney, Adidas dan sebagainya.
  5. Warna. Contohnya Coca Cola dominan dengan warna merah, LSG Green Peace mengedepankan warna alam seperti hijau dan cokelat.
  6. Suara. Biasanya elemen ini digunakan untuk iklan visual seperti Indomie, lagu jingle es krim Walls, dan suara ini juga menjadi khas brand tersebut.
  7. Aroma. Elemen Aroma biasa dipakai untuk produk pewangi seperti parfum. Contohnya Chanel No. 5 yang mencirikan aroma mawar-melati-musk.
  8. Cita Rasa. Cita rasa digunakan untuk produk makanan dengan rasa yang membedakan dengan makanan lain yang sama. Seperti Kentucky Fried Chicken mengatakan produk ayam gorengnya diracik dengan 11 bumbu rempah rahasia.
  9. Pergerakan. Contohnya Lamborghini yang ciri khas produk mobilnya adalah bukaan pintu keatas. Berbeda dengan produk mobil merek lain dan inilah yang membuat Lamborghini memiliki identitas yang kuat terhadap brandnya.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/brand-itu-penting-bagi-setiap-pengusaha.view