Beberapa Cara Teknik Melamar Kerja & Interview Kerja yang Baik

«

»

Nov 25 2014

Print this Post

Beberapa Cara Teknik Melamar Kerja & Interview Kerja yang Baik

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#tipssurat-lamaran-kerja

 

Di Indonesia tidak lah mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak pelamar yang terkadang nasibnya belum beruntung dalam mendapatkan pekerjaan yang ia sangat idamkan. Maka berikut beberapa cara teknik melamar kerja & interview kerja yang baik, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari sumber informasi lowongan seperti media cetak (koran kompas), internet, career center, network, dan agency (outsourching).
  2. Langkah kedua, memilih lowongan kerja. Ya pilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan anda. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, seperti:

a. Mencari infirmasi mengenai posisi yang akan dipilih.

b. Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja

c. Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.

d. Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.

  1. Langkah ketiga, membuat surat lamaran. Perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti:

a. Kertas berwarna netral

b. Jenis dan ukuran font standard

c. Ukurann kertas A4

d. Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju, tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).

  1. Langkah keempat, pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut, seperti:

a. Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).

b. Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).

c. Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).

 

Nah setelah kita sudah mengetahui beberapa cara teknik melamar kerja, selanjutnya saya akan memberikan cara sikap atau perilaku interview kerja yang baik. Mungkin banyak kalian yang sudah pernah mengalami interview (wawancara) di berbagai perusahaan. Tetapi ada beberapa yang harus diperhatikan ketika kita akan melakukan interview (wawancara), seperti:

  1. Penampilan

Berbicara soal penampilan sangatlah penting karena penampilan anda adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer. Pakailah pakaian rapih (formal & nyaman), menggunakan sepatu tertutup, datang dengan aroma tubuh yang segar, tidak bau mulut dan rapihkan kuku.

a. Penampilan untuk pria

1. Menggunakan kemeja lengan panjang dengan warna soft dan celana warna gelap.

2. Cocokan dasi dengan kemeja yang akan dipakai.

3. Menggunakan sepatu pantofel dengan kaos kaki warna hitam (gelap).

b. Penampilan untuk wanita

1. Menggunakan kemeja warna soft dan memakai blezer dengan warna hitam (gelap).

2. Hindari menggunakan warna yang mencolok.

3. Pakailah make up tapi jangan berlebihan (bedak, lipstick, blason, eyeliner).

4. Tatanan rambut yang rapih.

5. Menggunakan sepatu pantofel dengan tinggi 5cm.

  1. Body language

Saat memasuki ruangan berjalan dengan tubuh tegap, gaya yang anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas. Sodorkan tangan (sambil tersenyum) terlebih dahulu pada saat menawarkan. Sapalah interviewer dengan Bapak/Ibu dan jangan duduk sebelum di persilahkan.

  1. Sikap berdiri & sikap duduk.

a. Sikap berdiri

1. Badan tegap & tidak bungkuk.

2. Sikap siaga kedua tangan disamping dan pandangan ke depan (kontak mata).

3. Tidak ada gerakan tangan tambahan (menggaruk).

b. Sikap duduk

1. Badan tetap tegap saat duduk.

2. Posisi tidak menyender di bangku belakang.

3. Tangan dibawah jangan diatas meja.

4. Pandanga ke depan (kontak mata).

5. Bicaralah yang rileks dengan intonasi suara yang tepat sesuai situasi.

 

Berikut kesimpulan di atas adalah kita dapat mengetahui bagaimana cara melamar kerja & interview kerja dengan baik dan semoga bermanfaat.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/beberapa-cara-teknik-melamar-kerja-interview-kerja-yang-baik.view