Apa Bedanya File Gambar Versi JPEG, GIF dan Bitmap?

«

»

Sep 11 2014

Print this Post

Apa Bedanya File Gambar Versi JPEG, GIF dan Bitmap?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

JPEGBMPGIFTIFFPNG

 

Umumnya gambar yang kita simpan di dalam komputer memiliki ekstensi JPEG, GIF ataupun Bitmap. Ketiga jenis  file gambar ini mempunyai format raster yakni terdiri dari kumpulan titik-titik kecil bernama pixel atau picture elements. Hal yang membedakan ketiga jenis file tersebut adalah kualitas, warna dan kemudahan penggunaan.

Biasanya gambar yang tersimpan di komputer memiliki format raster atau vektor. Format raster terdiri dari deretan titik (pixel) yang ditempatkan berdampingan persis seperti printer dot matrix.  Pixel merupakan elemen dasar setiap gambar yang kemudian saat penyimpanan berekstensi JPEG, GIF, Bitmap ataupun TIFF.

Lain dengan format raster, format vektor jauh lebih kompleks yang sering digunakan pada program Auto CAD dengan nama file berekstensi Drawing  Interchange File (DXF) atau CorelDraw (CDR).

Bitmap vs. GIF

File Bitmap tidak terkompresi sehingga semua informasi gambar akan tetap tersimpan termasuk redudansi. Sedangkan file GIF (Graphical Interchange Format) merupakan jenis terkompresi sehingga ukuran file akan lebih kecil. Biasanya GIF hanya memberikan 256 warna maksimal atau 8-bit warna, dan pada bitmap bisa mencapai 24-bit.

Contohnya gambar matahari pada file GIF akan tampak lebih gelap, dan gambar matahari yang sama pada fila bitmap akan lebih gelap. File GIF juga mendukung transparansi artinya pixel gambar akan transparan dan latar belakang akan terlihat. File GIF biasanya dibuat animasi karena berupa beberapa gambar raster yang dijadikan satu dengan beberapa daerah itu transparan sedangkan daerah lainnya lebih gelap.

GIF vs. JPEG                                                       

File JPEG (Joint Photographic Group) hampir sama dengan GIF yakni file yang terkompresi. Bedanya kompresi pada file JPEG selain menghilangkan informasi yang berlebihan juga menghilangkan informasi yang unik pada sebuah gambar. Gambar pada file JPEG akan berbentuk ‘pixelated’ sehingga pixel akan terlihat. Jenis ini tidak mendukung transparansi gambar.

JPEG vs. Bitmap

File jenis JPEG dan Bitmap terdiri dari 24-bit warna namun file JPEG adalah file terkompresi sedangkan bitmap tidak. Sehingga ukuran file bitmap akan lebih besar dibandingkan file JPEG, membuat file ini sulit dikirim melalui internet. Umumnya email lebih banyak meminta file JPEG sebagai lampiran.

Namun file Bitmap akan lebih bagus jika dijadikan gambap wallpaper komputer Anda karena tidak mungkin memunculkan pixilation saat ditampilkan.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/apa-bedanya-file-gambar-versi-jpeg-gif-dan-bitmap.view