5 Sayuran Obat Herbal Alami

«

»

Sep 09 2014

Print this Post

5 Sayuran Obat Herbal Alami

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#Sayuran #Sehat #ObatHerbal

664xauto-5-sayuran-sekaligus-obat-herbal-alami-140909w

 

Selain kerap digunakan sebagai bumbu atau pelengkap sejumlah menu masakan, kelima sayuran ini ternyata menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan. Apa saja?

Dream - Tanpa disadari lima jenis sayuran ini ternyata menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan. Kelimanya juga sudah akrab dengan aktivitas sehari-hari saat memasak di dapur.

Sylecraze membuat daftar lima sayuran yang kerap digunakan untuk memasak menu makanan sehari-hari yang juga memiliki khasiat tersembunyi untuk kesehatan. Apa saja? Berikut daftar kelima sayuran tersebut.

Kemangi dan Daun Basil
Rasanya yang seperti daun mint ini umumnya dikonsumsi sebagai lalapan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemangi yang merupakan keluarga daun basil ini ternyata mampu memperkuat sistem daya tahan tubuh.

Kemangi dan basil juga diketahui rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol sehingga sangat baik ditambahkan dalam menu salad diet anda. Selain itu, daun ini juga mengandung banyak vitamin K dan antioksidan yang sangat baik dalam memperkuat kepadatan tulang dan gigi.

Seledri
Wanginya yang khas kerap menjadikan daun seledri digunakan sebagai pelengkap pada sejumlah makanan berkuah. Meski jarang dijadikan sebagai bahan utama, namun manfaatnya sangat baik dalam mencegah kanker dan memperkuat imun tubuh.

Bagi ibu hamil, seledri sangat baik untuk menjaga kesehatan janin karena kaya asam folat dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga tubuh awet muda, serta menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, konsumsi minimal semangkuk seledri bisa mencegah penyakit syaraf seperti Alzeimer.

Daun dan biji ketumbar
Biji ketumbar kerap digunakan sebagai bumbu masakan, namun selain biji ternyata daun ketumbar juga memiliki kandungan yang tidak kalah baik untuk tubuh. Kandungan minyak atsiri diketahui dapat mengoptimalkan fungsi organ tubuh dan sebagai aromaterapi yang sehat. Kandungan vitamin K dalam daun dan biji ketumbar dapat membantu membangun masa tulang dan membantu produksi sel darah merah.

Serai
Selain dapat menambah citarasa masakan, aroma seduhan air serai ternyata mampu menenangkan pikiran dan membantu melepas stress. Serai juga tidak mengandung kolesterol, anti-mikroba, anti-septik, anti-inflamasi dan anti-jamur sehingga bisa membantu mengatasi penyakit kulit.

Daun bawang dan kucai
Sama halnya dengan seledri, daun bawang dan kucai kerap menjadi pelengkap sejumlah menu makanan berkuah. Baik daun bawang maupun kucai memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menguatkan imun dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Daun bawang dan kucai juga bersifat anti-mikroba, anti-jamur, anti-inflamasi dan anti-septik yang sangat baik dalam mengatasi masalah kulit dan rambut. (Ism)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/5-sayuran-obat-herbal-alami.view