4 Makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan tulang

«

»

Oct 10 2014

Print this Post

4 Makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan tulang

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#makanan #sehat

Femur_-_anterior_view2

Merdeka.com - Bicara tentang tulang, yang ada di pikiran Anda mungkin adalah susu yang mengandung banyak kalsium. Namun sebenarnya makanan yang terbaik untuk kesehatan bukan cuma susu. Lantas, apa makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan tulang? Jawabannya bisa mengejutkan Anda.

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan tulang, seperti dilansir oleh Care2 (22/09).

1. Sayuran berdaun hijau gelap
Sayuran berdaun hijau dan gelap seperti kale dan bayam mengandung banyak kalsium, magnesium, dan vitamin K. Jika Anda ingin mendapatkan tulang yang kuat dan sehat, sayuran hijau gelap adalah makanan nomor satu yang harus dikonsumsi!

2. Biji-bijian
Biji-bijian seperti biji labu juga salah satu makanan terbaik jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Biji labu mengandung banyak mineral yang baik untuk pembentukan tulang. Tambahkan biji-bijian pada salad Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Kacang tanah
Memakan kacang tanah bisa membantu Anda melindungi tulang. Anda bisa menambahkan kacang tanah pada makanan atau menjadikannya camilan.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah atau kacang buncis juga mengandung banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang. Yang terbaik untuk kesehatan tulang adalah kacang hitam.

Itulah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan tulang Anda. Sementara itu, ada juga makanan-makanan yang harus dihindari jika ingin menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Ini dia beberapa makanan yang paling buruk untuk tulang.

1. Produk susu
Anda pasti terkejut. Karena susu dianggap sebagai sumber kalsium terbaik, maka kebanyakan orang berpikir bahwa produk susu seperti keju juga baik untuk tulang. Namun kenyataannya, produk susu bisa menyerap kalsium dari tulang dan meningkatkan risiko tulang keropos.

2. Garam
Jika Anda ingin hidup sehat, hindari mengonsumsi terlalu banyak garam. Garam juga buruk untuk kesehatan tulang. Penelitian di Jepang menemukan bahwa wanita yang makan lebih banyak garam berkemungkinan empat kali lebih tinggi untuk mengalami pengeroposan tulang.

3. Minuman soda
Minuman bersoda tak hanya bisa merusak gigi, tetapi juga buruk untuk tulang. Peneliti mempercayai bahwa asam fosfor yang ada dalam minuman soda bisa meningkatkan risiko tulang keropos.

4. Terlalu banyak protein
Mengonsumsi makanan sehat juga harus seimbang. Terlalu banyak mengonsumsi protein bisa melemahkan tulang. Karena itu, penuhi kebutuhan protein, namun juga jangan berlebihan dan seimbangkan dengan nutrisi yang lain.

Itulah beberapa makanan terbaik dan terburuk untuk kesehatan tulang. Konsumsi makanan yang baik untuk tulang dan hindari makanan yang buruk untuk tulang di atas!

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/4-makanan-terbaik-dan-terburuk-untuk-kesehatan-tulang.view