4 Cara Mengurangi Risiko Diabetes

«

»

Oct 10 2014

Print this Post

4 Cara Mengurangi Risiko Diabetes

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#tips #sehat

Diabetes wordcloud

Perubahan gaya hidup kita sendiri dapat memutarbalikkan tren peningkatan kasus diabetes baru, ungkap para ahli.

Jika tidak ada perubahan, maka dalam satu dekade mendatang, lebih banyak orang di seluruh dunia dan Eropa akan terkena diabetes. Kebanyakan dari mereka bahkan akan kehilangan nyawa akibat penyakit itu. Diabetes dan komplikasinya pun memakan biaya perawatan yang cukup besar, karena secara langsung menambah ongkos medis dan secara tidak langsung mengakibatkan hilangnya produktivitas dalam pekerjaan pasien.

   “Diabetes menimbulkan beban pribadi, keluarga dan ekonomi,” ungkap Dr. Pirjo Ilanne-Parikka dari Finnish Diabetes Association. Diabetes tipe 1 relatif jarang, dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita menghancurkan sel penghasil insulin pada pankreas, biasanya pada anak-anak dan remaja. Namun tipe 2 dapat terjadi pada siapa saja, meski saat ini paling sering diidap oleh orang berusia lanjut. Jika kesehatan seseorang tidak diawasi dengan ketat, diabetes tipe 2 dapat didiagnosis pertama kali ketika orang itu mengalami serangan jantung, stroke atau kerusakan saraf. Diabetes juga dapat merusak penglihatan, ginjal dan hati, bahkan menurunkan fungsi seksual.

Sebelum kemunculan diabetes tipe 2, seseorang mengalami resistensi insulin, di mana tubuh berhenti menggunakan insulin – hormon yang membantu memproses gula – secara benar. Berita baiknya, seseorang yang sedang mengarah ke diabetes seperti itu dapat membalik proses tersebut dengan melakukan perubahan gaya hidup, yang akan membantu mengatur gula darah, kata Dr. Ilanne-Parikka.

“Yang paling penting adalah menghentikan kenaikan berat badan dan tetap aktif secara fisik dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya lagi. Bahkan penurunan sedikit berat badan – misalnya, lima persen saja – dapat mengurangi laju perkembangan diabetes.

Di bawah ini adalah sejumlah tip yang bisa Anda coba lakukan, untuk mengurangi risiko Anda terkena diabetes:

  • Aktif bergerak. “Miliki pedometer, dan upayakan 6.500 langkah per hari,” saran Dr. Ilanne-Parikka. Pilih tangga daripada lift, atau sepeda daripada mobil.
  • Makan tepat. Terapkan pola makan yang didominasi oleh nutrisi nabati, seperti biji-bijian utuh, dan hindari sodium, minuman manis dan daging yang tinggi lemak.
  • Tidur! “Dan jangan terus-menerus bekerja,” tambah Dr. Ilanne-Parikka.
  • Ketahui kadar gula darah. Dr. Ilanne-Parikka menyarankan untuk mengecek kadar gula darah setiap lima tahun sekali (setiap tahun, jika Anda telah berisiko terkena diabetes).

Anda dapat melawan diabetes dengan upaya skrining diabetes, menciptakan lingkungan yang aman dan terjangkau untuk berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja, dan mendorong berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan aktivitas fisik. Strategi-strategi seperti itu dapat membantu komunitas Anda meningkatkan kesehatan mereka, kata Dr. Ilanne-Parikka. (E. R. Kings)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/4-cara-mengurangi-risiko-diabetes.view