3 Sumber Dana untuk Modal Usaha

«

»

Oct 04 2014

Print this Post

3 Sumber Dana untuk Modal Usaha

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

#Informasi

1922262620X310

Jangan takut kekurangan dana untuk modal usaha karena sumber dana ada di mana-mana menunggu Anda.

Anggap saja Anda sudah menentukan jenis usaha yang ingin Anda jalankan, memiliki perhitungan yang matang terhadap untung dan rugi, serta telah menganalisis permintaan pasar. Anda juga sudah bisa berhitung jumlah investasi yang harus Anda keluarkan. Tinggal satu tahap lagi yang harus Anda pikirkan: mendapatkan dana untuk modal.

Modal berupa uang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Berikut ini adalah sumber-sumber yang mungkin bisa Anda pelajari.

Tabungan atau investasi pribadi.Sumber dana berupa uang ini meskipun terlihat mudah didapatkan, namun dalam praktiknya, seringkali sulit. Kadang keinginan dan semangat untuk berbisnis datang di saat dana pribadi yang dimiliki minim atau tidak ada sama sekali.

Pinjaman. sumber dana berupa uang ini bisa datang dari bank, pegadaian, atau fasilitas program pembiayaan yang seringkali diberikan oleh pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti program kemitraan dan bina lingkungan. Kementerian Pertanian, misalnya, memiliki program pembiayaan untuk usaha skala kecil menengah. Anda juga bisa melirik program pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, yang sering memberikan bantuan pinjaman berupa uang.

Kemitraan. Sekarang ini disebut dengan angel investor. Anda mencari mitra pemilik modal untuk menjalankan ide-ide yang Anda miliki. Mitra ini bisa datang dari teman atau keluarga Anda, bahkan orang asing sekalipun. Asalkan, business plan yang Anda miliki memang menarik dan memiliki prospek yang besar. (Wiko Rahardjo)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2014/3-sumber-dana-untuk-modal-usaha.view