Kita dan Palestina

«

»

Nov 19 2012

Print this Post

Kita dan Palestina

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sebagaimana kita ketahui saat ini Israel menyerang Gaza dan menyebabkan puluhan warga meninggal. Apa yang bisa kita lakukan untuk warga Palestina???

Mengutip dari saudara Mohamad Ishaq,

Seperti kebanyakan orang, saya sering menyayangkan atau mengritik perilaku negara saudi yang terkesan pasif dalam penderitaan rakyat Palestina. Beberapa waktu lalu saya bertanya kepada seorang ustadz yg cukup dekat berinteraksi dengan ulama saudi. Ia menyatakan bahwa ada dua komunikasi yang dilakukan, komunikasi politik internasional memang Saudi tidak reaktif dan cenderung tidak proaktif, ini semua demi pertimbangan keamanan regional dan dalam negeri sebab kita tahu ada negara besar Amerika di balik Isra*il. Ada juga komunikasi masyarakat, Saudi melalui LSM dan lembaga sosial lainnya tidak segan menggelontorkan ratusan miliyarnya untuk membantu. Sama ketika era Jihad Afghanistan, tidak sedikit tentara saudi yang secara tidak resmi bergabung dengan pasukan Mujahidin.

Anda boleh setuju atau tidak, bisa percaya atau tidak, boleh marah atau geram. Tapi sejujurnya sejak saat itu, saya lebih banyak mempertanyakan kiprah diri sendiri, tanpa mengecilkan kiprah yang sudah dilakukan orang lain.

Dari kutipan diatas bahwa bantuan dalam bentuk Politik/Diplomasi sangat susah. Sehingga pergerakan bantuan bukan dari ranah pemerintah, melainkan melalui lembaga-lembaga sosial atau personal dll. Lalu bantuan apa yang kita bisa berikan untuk mereka??

Salah satunya adalah memberikan Donasi untuk warga Palestina.

Adapun salah satu Organisasi/Lembaga Bantuan untuk Palestina adalah MER-C (Medical Emergency Rescue Committee).

Daftar Rekening Bantuan bisa dilihat di sini

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2012/kita-dan-palestina.view