Hukum Anak perempuan mencium Bapaknya atau sebaliknya

«

»

Apr 28 2009

Print this Post

Hukum Anak perempuan mencium Bapaknya atau sebaliknya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Diperbolehkan seorang gadis mencium ayahnya, jika aman dari fitnah dan bahaya. Akan tetapi jika hal tersebut berbahaya dan bisa menimbulkan fitnah, sesungguhnya الله tidak menyukai kerusakan.


Adapun dalil yang membolehkannya: Dalam riwayat Abu dawud dari hadist Ummul Mukminin Aisyah Radhiallahu Anha, bahwasanya is berkata, “Saya tidak melihat seseorang yang mirip Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam baiknya penampilan, ketenangan, kelemahlembutan serta bagusnya cara berbicara dan berperilaku seperti Fatimah. Jika ia masuk ke tempat Rosulullah Shallalhu Alaihi wa Sallam, beliau berdiri menyambutnya, sambil memegang tangannya, mencium serta mendudukannya ditempat duduknya. Begitu juga dengan Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam jika dating kepadanya. Fatimah segera berdiri menyambut tangan Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam serta menciumnya dan mendudukannya di kursi beliau.

Al-Bukhari juga meriwayatkan dari Al-Barra’ dalam kisah hijrah, ia berkata, “Aku masuk keluarga Abu Bakar. Dan Aisyah putrinya sedang berbaring karena demam. Saya melihat ayahnya (Abu Bakar) mencium pipinya sambil berkata, ‘Wahai anakku, bagaimana kondisimu?”


*Abu Dawud(5217), At-Tirmidzi(3872)
*Fath Al-Bari Syarh Shahih Bukhari(7/255)
*Peristiwa ini terjadi ketika Al-Barra’ belum balig.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2009/hukum-anak-perempuan-mencium-bapaknya-atau-sebaliknya.view

  • http://icus2ays.blogspot.com/ icus

    hmm….. sebenernya emang gpp…
    cuma maslahnya skrg banyak kasus bapak menghamili anaknya (naudzubillah)

    icus’s last blog post..Award