Bolehkah anak perempuan yang telah menikah meminta sesuatu kepada Bapaknya?

«

»

Oct 30 2009

Print this Post

Bolehkah anak perempuan yang telah menikah meminta sesuatu kepada Bapaknya?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Nafkah bagi wanita yang sudah menikah adalah tanggung jawab suaminya. Meskipun demikian sebagai bentuk kemanjaan wanita, ia boleh meminta sesuatu kepada ayahnya. Namun, sang ayah tidak berkewajiban member apa yang menjadi permintaannya. Jika member, itu adalah baik dan mulia, selama ayahnya mampu.


Bagaimana seorang Fatimah putri Rosululloh صلی الله عليه وسلم minta seorang pembantu. Dalam shahih Bukhari dan Muslim* dari hadist Ali رضي الله عنه . Bahwasanya Fatimahرضي الله عنه datang kepada Rosululloh صلی الله عليه وسلم dengan mengadukan apa yang terjadi dengan tangannya karena mengaaduk adonan tepung, akan tetapi Nabi صلی الله عليه وسلم tidak mempercayainya. Kemudian Fatimah mengadu kepada Aisyah. Ketika Rosululloh صلی الله عليه وسلم datang, Aisyah segera memberitahukan kepada Rosulullah صلی الله عليه وسلم . Ali berkata, ”Kemudian Rosulullh صلی الله عليه وسلم mendatangi kami sedang kan kami sudah berada di pembaringan. Kemudian kami bangun. Tapi Rosululloh صلی الله عليه وسلم berkata, ‘tetaplah di tempat kalian.’ Kemudian beliau datang dan duduk diantara saya dan Fatimah sampai aku merasakan dinginya kedua kaki Rosululloh صلی الله عليه وسلم di atas perutku.” Kemudian Nabi صلی الله عليه وسلم berkata, ‘Maukah aku tunjukan kepada kalian sesuatu yang lebih baik dari yang kamu minta? Jika engkau hendak berbaring di tempat tidurmu sebelum tidurmu, maka bertasbihlah sebanyak 33kali, bertahmid 33kali, dan bertakbir 34kali, semua itu lebih baik dari pembantu atau yang lainnya.

*Al-Bukhari (5361), Muslim denganSyarh An-Nawawi(17/45)

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2009/bolehkah-anak-perempuan-yang-telah-menikah-meminta-sesuatu-kepada-bapaknya.view

  • http://www.purpledaylily.net pakaian wanita import

    aku infoin ke teman2 di fbku deh. biar pada tau