Wahai Saudaraku

«

»

Sep 23 2008

Print this Post

Wahai Saudaraku

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sebagaimana seorang laki-laki ingin diperlakukan secara bai oleh saudara muslimnya, maka dia pun harus memperlakukan saudaranya denga cara yang sama seperti yang dia inginkan, sehingga mereka memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat.

Rosulullah Shallallah Alaihi wa Sallam  telah menetapkan hak seorang muslim atas saudaranya di mana Beliau bersabda, “Tidaklah sempurna iman seorang diantara kalian sehingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dicintai untuk dirinya sendiri“. [HR.Bukhari]

Dalam Hadist tersebut, Rosulullah Shallallah Alaihi wa Sallam telah menjadikan kriteria ini sebagai ciri iman yang sempurna. Menurut Beliau, selama ada iman, maka seorang laki-laki muslim berkewajiban untuk memberikan saudaranya kebaikan yang dia cinta bagi dirinya sendiri. Di samping juga menuntutnya membenci keburukan bagi saudaranya yang dia benci bagi dirinya sendiri.

Meskipun mengamalkan hadist yang mencakup berbagai amal kebaikan ini sudah cukup bagi seorang laki-laki dalam meraih kesuksesan dalam menjalin hubungan dengan saudara-saudara dan teman-temannya, namun demikin, Rosulullah Shallallah Alaihi wa Sallam telah menunjukkan di dalam beberapa hadist lainnya beberapa amal kebaikan dan etika sosial yang dapat memperkokoh hubungan persaudaraaan dan persahabatan.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2008/wahai-saudaraku.view