Nasehat untuk Pejabat

«

»

Oct 11 2008

Print this Post

Nasehat untuk Pejabat

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Tidak diperbolehkan bagi para pejabat yang menangani urusan orang banyak, baik sebagai imam, pemimpin, menteri, direktur atau yang lainnya, untuk mengambil hadiah yang diberikan karena jabatannya.

Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah memperkerjakan seorang laki-laki dari Bani Asad yang bernama Ibnu Utaibah untuk mengurus zakat. Ketika datang dia berkata, “ini untuk kalian dan hadiah ini untukku.” Mendengar itu Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam langsung berdiri di atas mimbar, kemudian memanjatkan pujian dan sanjungan kepada Allah dan selanjutnya bersabda, “MEngapa ada petugas yang kami utus lalu datang dan berkata,’Ini untukmu sedang yang ini untukku.’ Apakah jika ia hanya duduk-duduk di rumah ayah dan ibunya, akan diberi hadiah atau tidak? Demi Dzat yang jiwaku berada di tanga-Nya, dia tidak akan datang denganmembawa sesuatu melainkan akan datang pada Hari Kiamat kelak dengan dipikulkan pada pundaknya, jika berupa onta maka ia akan menggeram, atau sapi yang melenguh ataum kambing yang mengembik.” Kemudian Beliau mengangkat kedua tangannya sehingga kami melihat warna putih kedua ketiah beliau, “Bukankah aku telah menyampaikan?”(tiga kali). [HR Bukhari]

Didalam hadis tersebut terkandung penjelasan bahwa penerimaan hadiah oleh para pejabat adalah haram sekaligus sebagai salah satu bentuk penipuan, karena dia telah berkhianat di dalam kekuasaan dan amanatnya. Dan hukuman yang akan diterimanya kelah di akhirat adalah akan dipikulkan di lehernya apa yang dihadiahkan kepadanya.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2008/nasehat-untuk-pejabat.view

  • http://mahabbahtedja.wordpress.com mahabbahtedja

    doaku untuk para pejabat negeri ini…
    semoga Allah melapangkan hatinya.