Manusia yang terkecoh

«

»

Jul 06 2008

Print this Post

Manusia yang terkecoh

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Sesungguhnya yg pertama kali ditanya pada hari kiamat kelak, yakni akan dikatakan, ‘Bukankah Kami telah sehatkan badanmu, dan Kami beri minum kepadamu dari air yang dingin.” [Shahih Sunan At-Tirmidzi,2674]

Ada dua nikmat yang banyak dari umat manusia ini yang terkecoh: sehat dan waktu luang.“[HR.Al-Bukhari]

Artinya, barang siapa yang tidak memanfaatkan waktu sehat dah waktu luang dengan semestinya, maka dia telah tertipu, karena dia telah menjual keduanya dengan harta yang sangat murah sehingga tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Ibnu Bathaal mengatakan, hadist tersebut berarti bahwa seseorang tidak akan memiliki waktu luang sehingga dia benar-benar dalam keadaan cukup dan berbadan sehat.

Oleh karena itu, barang siapa yang memiliki kesehatan dan waktu luang. maka hendaklah dia bersungguh-sungguh untuk tidak meninggalkan syukur kepada Allah Azza wa Jalla atas apa yang dikaruniakan kepadanya. Diantara bentuk rasa syukur itu adalah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sebaliknya, barang siapa lengah untuk bersyukur berarti dia telah tertipu. Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam telah memberi Isyarat melalui sabdanya, “Dan banyak dari umat manusia,” bahwa orang yang mendapatkan taufiq Allah dalam memanfaatkan kedua nikmat sangat sedikit sekali.

Ibnul Jauzi berkata, “Bisa saja seseorang dalam keadaan sehat, namun tidak memiliki waktu luang karena kesibukannya, atau seseorang memiliki waktu luang namun dia tidak sehat. Jika seseorang memeliki keduanya, lalu dia didominasi oleh rasa malas untuk berbuat taat kepada Allah, maka berarti dia telah tertipu. Dunia ini adalah ladang bagi kehidupan akhirat. Di dalamnya terdapat perniagaan yang keuntungannya akan tampak di akhirat kelak. Oleh karena itu barang siapa yang memanfaatkan waktu luang dan waktu sehatnya untuk berbuat taat kepada Allah Azza wa Jalla, maka dia itulah orang yang benar-benar beruntung. Sebaliknya, barang siapa yaang memanfaatkannya untuk berbuat maksiat, maka dia telah tertipu. Sesungguhnya waktu luang itu setelahnya ada kesibukan, dan setelah kesehatan ada saat sakit. Kalau pun tidak sakit, pasti datang masa tua renta.

Notice

Note: Artikel dari berbagai sumber, domain sumber terdapat pada tag.
Published by : blog.tohaboy.web.id


Permanent link to this article: http://blog.tohaboy.web.id/2008/manusia-yang-terkecoh.view

  • http://salafiyunpad.wordpress.com amir

    pa kabare mas? afwan alghurabaa blm di apa2in… lg ngelobi beberapa ustadz dl tuk jadi penasihat websitex… insya allah akan segera online…
    lg sibuk apa mas?

    Alhamdulillah baik mas…
    hari sabtu seminar skripsi…
    mohon do’a dan dukungannya…